Wednesday, March 4, 2009

From Model To Manufacture

At this time to make an eccentric model is straightforward. Formerly very expensive and time-consuming. This is because the 3D animation software that support it. Some of the technologies used to process "from model to manufactured" as below also facilitate the work of a Model Become A product.

- Laser cutting (steel, plastic, aluminum)
- Plasma-cutting (steel)
- Router (wooden panel)
- Waterjet (almost all of the material)

All these are tools that simplify the implementation of works to be made ​​from a model ..


Sample Application Architecture At Work.

- Angel Wings Sculpture
source: http://www.testmeat.co.uk/photos/images/christmasangelwings.jpg

Created as an ornamental kiosks with the formation of angel wings. Formation is made curved wings without touching the kiosk building itself. Bentukannya initially bend of the wing so it looks like dancing to the beat.
The pattern is made double wing, which is then connected (in welding). Which then inter-connected to form a pla different wings of birds.




- Electric Wharf Footbridge, Coventry

Source:

http://www.deandyball.co.uk/user/files/projects_gallery/civil_engineering/structures/electric_wharf/electric_wharf_footbridge___by_day_r_358x237.jpg


Is a small bridge that consists of Arc sculpture as high as 18 meters, with spans of 30 meters. As well as the retrofitting of the bridge over the canal itself.
Arch-making technique is akin to making the foot of Angel Wings. Foot structure is made up of steel piles and steel pipe that connects the triangular-shaped steel bulk-head (the structure of filler).
In making this curved surface shape through digital modeling architecture, this formation dideretkan 6mm to form arches that form the arch angle.




- Bullring Spiral Café, Birmingham- Marks Barfield Architects

Source: http://pro.corbis.com/images/42-18718070.jpg

Formation of a spiral shape departs from the Fibonacci golden section. Then reproduced the position amounted to 8 pieces placed in accordance with the existing pattern.
Into eight formations is an associated rapid arranged so as to form a different surface.
Formation sequence is arranged in a circular pattern that has been sisiapkan in the form of folds. For the structure itself, consisting of a framework that supports the building functions as well as providing a pattern. This profile terbetuk existing order of formation, resulting from the pattern of the frame was tilted ditelah stand that is not symmetrical.
This order form is made from existing geometry, then made with cutting tools (laser-cut steel ribs). Made with CNC cutter program (Computer Numerically Controlled Cutter). The cutting technique is not entirely just for the steel, but also plywood (plywood) and copper.

48 comments:

  1. sip gun..aku suka bahasanya, mudah dimengerti..qkqk..btw, untung ya skrg dah ada 3D sofware yang bisa bantu bikin model..coba bayangin aja kalo kita masi mengandalkan sket2 tangan..hehe. tantangan yang baru adalah how we can survive in that digital world..kita dah gak bisa lg cm mengandalkan kekuatan desain kita.. kita juga perlu mengasah kemampuan kita dalam mempresentasikan karya kita..tull gak?hehe

    ReplyDelete
  2. iya bel....
    untung ja..
    jadi lebih mudah dalam medisain..
    tapi masalahnya..
    di kampus kita beum ada printer model,
    ato laser cut..
    seperti yang ada di Singapore...
    kapan UGMpunya???
    pertanyaan Besar..

    ReplyDelete
  3. numpang ngoment iah mas...n_n

    postingnya keren..>.<..jadi tau bebagai product2 yang dihasilin dari kerja si 3D..keren-keren lg...
    contoh2 yang diatas ntu mungkin g c kalo dibuat cuma modal sketsa tangan ajah..??

    ReplyDelete
  4. setuju dengan komen tiara, tapi hasil karya yang di atas mungkin awalnya dari coret2an di kertas tisu kali, ya ^^(kayak dosen siapa, gitu yang suka mengatakan untuk selalu menuliskan ide di mana pun kita berada).btw, yang angel wing sclupture itu keren sekali...

    ReplyDelete
  5. Wah kita jadi tahu ya desain dengan bentukan-bentukan yang berani kaya gitu. Emang sih dengan bantuan 3D kita jadi ga perlu takut untuk bereksperimen dengan bentuk

    ReplyDelete
  6. berarti sekarang dalam mendesain nyentrik udah gak ada halanganlagi ya...hahaha

    coba, mungkin nanti kita bisa mengembangkan desain menarik dengan material selain baja, misal beton gitu...siapa tahuuuu

    sayang di Indonesia jarang sekali pengaplikasian teknologi seheboh ini

    ReplyDelete
  7. wow banget Angel Wings Sculpture-nya.....

    dunia dijital emg ga pernah membatasi ide tapi malah memajukan ide menjadi lebih indah..
    keren..keren..

    ReplyDelete
  8. tapi sayang..
    peralatann canggih untuk menunjang itu semua kita belumpunya...
    Di UGM belum ada printer model, atau laser cut seperti itu...
    tidak seperti yang kami lihat di Salah satu university di Singaporen yg memiliki hal itu...
    pertanyaan lagi..
    "KAPAN UGM PUNYA?"

    ReplyDelete
  9. keren tuh angel wing-nya...
    emang dunia dijital tuh bener2 mbantu dlm mendesain ya...Desain jd bs keren2 n unik gt..
    cipp....

    ReplyDelete
  10. Wah.. ngeliat gambar2 di atas ok banget...
    Setuju sama pendapat-pendapat sebelumnya nih,, dengan kemajuan dunia dijital, desain-desain jadi lebih berkembang juga, soalnya dalam pemvisualisasiannya jadi lebih mudah...
    Tapi setelah baca postingan di atas, jadi tau juga kalo yang penting bukan Cuma perkembangan dalam pemvisualisasiannya,, tapi hal-hal yang mendukung dalam pengerjaan objek tersebut juga harus ikut berkembang,, contoh nya alat pemotong (laser-cut steel ribs), yang digunakan dalam pembuatan Bullring Spiral Café, Birmingham..

    ReplyDelete
  11. ooo jadi manufacture di sini emang maksudnya produk material yang digunakan dalam proyek arsitektur dikembangkan melalui usaha sendiri gitu bukan? ga pake pabrik2 lagi tapi ke manufaktur,,,
    kalu material yang ringan, kuat, awet apa yah? yang banyak benefitsnya ketimbang meruginya,,, ?

    ReplyDelete
  12. Hmm...
    sebenernya praktisi arsitektur sekarang ini sudah di manja dengan adanya berbagai fasilitas itu ya...Kesempatan besar bwt mengembangkan diri n desain2 kita..Teknik konvensional sdh mulai ditinggalkan..
    n ak setuju sm ptanyaan kapan yak arsi UGM pny smua alat2 itu??
    alat2 d bengkel kayu aj skrg udh ga terjamah sma mahasiswa arsinya sendiri..
    hehe...

    ReplyDelete
  13. keren2 banget contohnya... dunia dijital itu emg bener2 bikin sesuatu yang awalnya dikira ga mungkin tapi ternyata mungkin( aduh py ki bahasaQ,hee)

    ReplyDelete
  14. eh gun,,

    ntu gambarnya ada yg kebalik ga sih? koq aku mikirnya antara gbr Electric Wharf Footbridge, Coventry sama gbr Bullring Spiral Café, Birmingham- Marks Barfield Architects kayaknya keblik gitu,, apa emang gbrny yg itu?

    koq isinya sma plek ya sm punyanya fariz?

    ReplyDelete
  15. mas...

    wah... blog nya nyenengin de huehe..(^_^)
    isinya ga terlalu panjang, to the point, maksud nya jelas, dan gambar-gambarnya juga nambahin info bgdh..

    wuih.. iya juga yah,, kita jd lumayan kebantu bgd gara2 ada yg namanya software2 3D gtuw..
    teknologi makin berkembang,, dunia makin maju,,
    moga2 kta smua bisa survive dan ga tenggelam d dunia yg makin canggih ajua...

    ReplyDelete
  16. iya..
    mohon maaf sebelumnya..
    karena kelsalahan redaksi..
    antar gambar, Bullring Spiral Café, Birmingham- Marks Barfield Architects dengan Electric Wharf Footbridge, Coventry tertukar..
    tapi sudah dibenarkan..
    mohon maaf sebelumnya :-)

    ReplyDelete
  17. hooh sip..sip... memang hidup di dunia dijital ini, yang namanya inovasi penting bgt..
    jagn2 nanti kita cuman mikir aja, langsung terealisasi heheheh
    amin....

    ReplyDelete
  18. 3D software membuat kita lebih mudah menyampaikan bentuk-bentuk yang kita mau...
    selamat mendesain...salam.

    ReplyDelete
  19. wah digital memang membuat yang impossible menjadi sangat possible..
    jadi program nih bikin kita jadi efisien waktu dan pikiran yaaa dalam mendesain sesuatuu

    :) :) :)
    MUTIARA CININTA


    hey you there,,visit my blog
    http://tripledoubleyu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. Angel Wings Sculptere apa yang bwt juga arsitek ya mas? Bagus sekali. Melayang..

    Boleh minta gambar2 tentang alat2 yang disebutkan dalam blog ga? misalnya:
    - Laser cutting (baja, plastic, aluminium)
    - Plasma-cutting (baja)
    - Router (panel kayu)
    - Waterjet ( hampir semua material)

    Mkasih ya...

    ReplyDelete
  21. siip
    emang sofware2 3D itu oke banget untuk seorang arsitek merealisasikan setiap ide dan imajinasinya.. tapi kaya gini2an punya efek negatif juga ga sih??

    ReplyDelete
  22. wah blogna komunikatif banget, tapi tetep spesifik, kalo ada teknologi kayak gini, bikin tugas besar rancang bangun kayaknya jadi mungkiiin..

    ReplyDelete
  23. btw, bahasanya bagus, enak dimengerti

    ReplyDelete
  24. oke..
    saya usahakan akan menampilkan gambar2 peralatan yang di sebutkan diatas secepatnya..
    sebenarnya gambar2nya sudahada..
    tetapi kemaren cuma di tampilkan dalam karya ilmiah yang kita kirim ke Pak Arif..

    ReplyDelete
  25. software jaman sekarang sangatlah membantu...

    alat dan semua perangkat teknologi memang memudahkan kita...

    namun jangan dilupakan, bahwa manual masihlah sangat dibutuhkan..

    dan ada kalanya sebuah pekerjaan harus ditangani sendiri tanpa bantuan alat apapun...

    hidup ini indah...

    ReplyDelete
  26. samo jo punyo waang jo faris da?
    buliah la...

    ReplyDelete
  27. CNC cutter tu gimana yaa? aku pnasaran kayanya keren tuh,,,pake program bisa motong2 bahan2 gt

    ReplyDelete
  28. 1.angel wings sclupture-nya keren bangettt...
    penghias kios aj sekeren itu gmana kalo karya seninya y???
    anw, bahan sayap2 yg dilas itu dari ap y??
    kayaknya real bangettt...
    2.kalo di indo kira2 kapan y ada alat secanggih itu bwt ngembangin desain2...
    skarang banyak banget desain yang oke2 dari generasi muda kita cuma, karena keterbatasan yg dimiliki dari segi teknologi di indo yg bikin kita ketinggalan terussss
    mmmm....

    ReplyDelete
  29. nyambung ratih AA,, iya..susah mbayanginnya..mukin kaya di pilem2 gt, materialnya tinggal dijatuhin di atas pola2 dari laser, trus..rrrrsss...kepotong dengan keakuratan menakjubkan, gt g ya???
    jd khawatir, tenaga manusia yang banyak salah dan dosa, di masa2 mendatang masih dihargai g ya....

    ReplyDelete
  30. keren banget dah..kios aja desainnya bagus banget,angle...yang jelas CNC cutter lebih keren cos mempermudah realisasi desain yang kompleks..

    ReplyDelete
  31. Keren ..keren ..
    bahasa dan penyampaiannya mudah di mengerti bgd ..
    ak jdi bs tau jg penerapannya lsg 3D model pada produknya, berikut material teknologi yang menunjang hal itu ..

    ReplyDelete
  32. yepp..
    hal yang sulit menjadi sangat gampang ditangan software 3D.Kita jadi bisa melakukan eksperimen2 bentukan yang sebelumnya sangat susah atau bahkan tidak mungkin untuk dibangun.Tugas sebagai seorang arsitek untuk mendayahgunakan bantuan software 3D secara maksimal untuk menciptakan suatu inovasi yang menguntungkan orang banyak.hehe..

    mas gunfaisal..salut sama blognya yang udah dikemas dengan sangat bagus, dan udah pake bahasa sendiri jadi gak berat bacanya(soalnya juga mempelajari 21 bab ardij lainnya >_<)

    ReplyDelete
  33. wah..keren sekali.mudah dimengerti.
    emm...jd hadirnya dunia dijital sangat membantu kita dalam desain maupun hasil presentasinya.
    gud...gud...

    ReplyDelete
  34. dapet conto cara pemaparan dalam blog.. good2..

    ReplyDelete
  35. ^^ wew.. bangunan-bangunan tersebut tentunya sudah menggunakan analisis struktural bukan,, konsep yang jelas pun dapat direalisasikan dengan dunia 3D modelling beserta analisis-analisis yang perlu pada bangunan.. struktural/lighting,dll..

    ReplyDelete
  36. hei pak gun.. GARANG!!!!
    "from model to manufacture" berarti model2 yang telah kita buat "harus" bisa diwujudkan. Dan sekarang keharusan tersebut berubah menjadi kejelasan mengingat perkembangan teknologi seperti yang telah dijelaskan diatas bisa mewujudkannya....
    Ngomong2 soal pertanyaan besar,
    Opo yo adhewe iso nganggo nek UGM wis nduwe alat-e????

    ReplyDelete
  37. Angel Wings Sculpture nya OK punya...
    keberadaan 3D modelling bnr2 membantu dalam perealisasian sebuah model.

    ReplyDelete
  38. N
    I
    C
    E

    P
    O
    S

    ^^
    keren lah,,^^

    intinya dari model bisa dibuat realisasi nya.

    ReplyDelete
  39. wawww..
    mantap sekali, alatnya udah sangar!
    bullring spiral cafenya keren.
    bisa minta contoh gambar alat2nya g??

    ReplyDelete
  40. wah dengan 3d modelling bisa lebih mudah merealisasikan sebuah model ya..

    ReplyDelete
  41. M. Mukti DeviansyahMarch 11, 2009 at 4:42 PM

    dunia dijital memang sangat membantu kita dalam mendesain...
    angel wing-nya bagus banget tuh.....

    ReplyDelete
  42. setuju ma zaqi liat bentuk alatnya dunk yang bisa bikin bentukan kayak gitu

    ReplyDelete
  43. mohon maaf..
    sampai saat ini kami masih belum bisa menampilkan gambar peralatan2 yang digunakan...
    karena dikejar beberapa deadline tugas2.
    secapatnya akan kami tampilkan.

    ReplyDelete
  44. Bagus juga penerapan yang mas gun tayangkan. Jadi karya arsitektur itu gak hanya dalam bangunan saja tapi penghias interior juga bisa ya… oh ya thx juga dah ngasih koment di blogku,,,
    Slamat berkarya…

    ReplyDelete
  45. kayaknya barusan ai salah nulis....

    yang mw tak bilang adalah:
    Saya mau tanya,,,membuat produk dari model itu untuk saat ini apakah sudah dibuat dalam skala besar. Soalnya kalo lihat hasilnya, produknya itu seperti craft yang dibuat untuk insidental. Dan kalo pembuatannya tidak masal,,berarti mahal ya??trus produk yang ditawarkan seputar apa saja?

    ReplyDelete
  46. Karena teknologi sudah sangat maju sehingga semua ide-ide kita bisa terealisasi, sudah sepantasnya kita sebagai arsitek harus terus mengembangkan ide kita untuk kemajuan pembangunan. Jangan takut untuk berkreasi. Tinggalkan ketakutan dalam mendesain. Semua desain kita dapat disimulasikan dalam software sehingga kita bisa melihat kekuatan dan kemampuan bangunan dalam merespon lingkungan.

    Terus berkarya

    madaniugm.blogspot.com

    ReplyDelete